Berita Sekitar Kita

TKW, Majikan, Devisa???


Sumiati, seorang TKW asal NTB yang bekerja di Saudi Arabia. Tidak seperti bayangan kebanyakan orang bahwa negeri tujuan ini adalah negeri yang aman dan menjanjikan jutaan rupiah penghasilan. Sehingga mengadu nasib di negeri ini, walaupun sebagai pekerja sekasar apapun pasti menguntungkan. Miris memang negara yang dianggap sebagai surga oleh negara-negara lain, karena memiliki banyak kekayaan alam dan pulau-pulau yang indah ini, tidak sama dengan pendapat orang-orang atau penduduk pribuminya. Kesenjangan, kemiskinan, tipu daya dan penjajahan terasa amat kental di negara ini. Bagaimana tidak, penguasa dan pejabatnya hanya bisa menghujat dan saling mencurigai. Rakyat adalah komoditi yang amat potensial untuk diatur dan dihasut hanya untuk memuaskan nafsu kekuasaan mereka.
Kisah sumiati adalah salah satu dari sekian kisah yang terdeteksi yang diderita oleh para TKW asal indonesia. kekejaman dan penyiksaan yang dilakukan oleh majikan-majikan mereka seolah-olah tidak dapat merubah sedikitpun kebijakan pemerintah tentang nasib rakyatnya. Mereka hanya bisa berceloteh dan saling menceritakan. Tidak ada usaha yang nyata untuk memperhatikan apalagi melindungi hak-hak mereka diluar sana. Yang nyata malah banyak pungli kepada mereka yang dilakukan oleh orang-orang berseragam yang seharusnya mempermudah pekerjaan mereka.  Dan mereka bukan orang luar tapi orang-orang bangsa sendiri.
Ironis, pemerintah banyak mengeluarkan dan mengalokasikan anggaran untuk Lembaga dan Departemen yang mengurusi itu. Tapi pendapat rakyat khususnya para pekerja, tidak pernah berubah. Mereka (para pekerja) betul-betul mengandalkan nasib baik menghampiri mereka ketika sampai di tempat bekerja.
Pada kisah sumiati pun pemerintah kelihatannya sangat sibuk mengecam dan mengutuk perbuatan itu. Harusnya pemerintah dapat menghentikan pengiriman tenaga kerja ke negeri itu, atau kemanapun, kalau memang tidak mampu menjamin keamanan dan kenyamanan mereka dalam bekerja. Bukan malah bangga dan terus merasa berhasil mendatangkan devisa bagi negara ini. M e m a l u k a n.
Semoga bangsa ini cepat sadar dan memberikan yang terbaik bagi rakyatnya.
S a l a m
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s