Berita Sekitar Kita

Tawon Monster asal Sulawesi


TEMPO Interaktif, Jakarta – Ahli serangga dunia Lynn Kimsey dari University of California menemukan seekor tawon monster unik di kawasan pedalaman Sulawesi, Indonesia. “Garuda,” begitu Kimsey menyebut serangga ganas yang diduga sebagai spesies baru ini.

Laman Daily Mail, 25 Agustus 2011, menulis tawon monster ini banyak hidup di Gunung Mekongga, Sulawesi Tenggara. Masyarakat setempat biasa menyebutnya “naga komodo”.

Ukuran tawon monster ini termasuk jumbo atau tiga kali lebih besar dibanding tawon pada umumnya. Peneliti mencatat ukuran tawon monster rata-rata sepanjang 2,5 inci atau sekitar 6 sentimeter.

Lalu kenapa tawon ini disebut monster? Kemsey menjawab ukuran rahang tawon Sulawesi menyeramkan. Bayangkan, ukurannya lebih panjang dari kaki depannya. “Terkadang menyerang manusia,” kata Kimsey yang menjabat sebagai Direktur Bohart Museum of Entomology.

Penemuan tawon monster mungkin hanya secuil saja dari keanekaragaman hayati di kawasan Sulawesi atau Indonesia. Kimsey akan bertahan di kawasan ini selama lima tahun dengan total biaya penelitian mencapai 2,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 35 miliar. “Banyak spesies langka yang tidak pernah dilihat belahan dunia mana pun dan terancam punah di kawasan ini,” katanya lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s